Peneliti Swiss Jean Piaget (kacang polong-ah-ZHAY) adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam psikologi perkembangan. Piaget meninggal pada tahun 1980 pada usia 84, ia menerbitkan artikel pertamanya pada tahun 1904 pada usia 8. Menurut Kaye (1980), sebuah novel lama diabaikan diterbitkan oleh Piaget pada tahun 1918 menunjukkan bahwa, pada usia 20 (karena ia sedang menulis novel) Piaget sudah melihat dirinya melakukan sesuatu seperti misi ilahi untuk mempelajari asal-usul manusia pengetahuan.
Ironisnya, mengingat dampaknya pada psikologi, Piaget tidak menganggap dirinya psikolog. Beliau memulai karirnya sebagai seorang ahli biologi, dan akhir karirnya lebih suka menyebut dirinya sebuah epistemologist. Epistemologi adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan. Hal ini jauh lebih tua daripada psikologi, dan itu adalah bagian dari filsafat, bukan ilmu eksperimental. Piaget mengatakan ia adalah seorang epistemologist genetik, berarti dia tertarik dalam asal-usul knowledge.
Piaget tidak melakukan penelitian eksperimental dalam pengertian modern, menggunakan kelompok kontrol dan analisis statistik. Dia bekerja apa yang ia sebut metode klinis, improvisasi percakapan dengan anak-anak untuk memahami dunia yang unik mental. Eksperimen Piaget adalah apa yang kebanyakan psikolog akan memanggil demonstrasi di mana seorang anak mengajukan beberapa pertanyaan atau diberi tugas sederhana untuk melakukan. Meskipun sifat informal mereka, banyak dari demonstrasi cukup mengungkapkan.
Periode Sensory-Motor (0-18 bulan)
Piaget menyebut tahap pertama perkembangan kognitif, bahwa bayi yang baru lahir, periode sensorik-motorik. Hal ini berlangsung dari lahir sampai sekitar usia 18 bulan. Pada awalnya (Piaget percaya) bayi tidak dapat membedakan dirinya dari lingkungan. Pada bulan-bulan pertama kehidupan datang untuk mengakui keberadaan orang dan hal yang terpisah dari dirinya sendiri. Bayi dikembangkan intensionalitas (perilaku goal-directed) selama tahap sensori-motor. Mereka belajar untuk melaksanakan rencana tujuan-diarahkan sederhana, seperti menjangkau dan memegang dot.
Piaget menunjukkan fenomena bahwa orang terkejut pada awalnya. Bayi bertindak seolah-olah objek tersembunyi lagi ada. Untuk sangat muda anak-anak-muda dari sekitar 6 bulan-"tak terlihat" tidak hanya "keluar dari pikiran" tetapi juga "dari keberadaan." Jika mainan bersemangat dikejar oleh bulan 4 tahun slip di bawah selimut, tidak lagi dikejar ... bahkan jika itu membuat benjolan jelas. Sebuah anjing kampung sekitar tiga bulan kehilangan minat dalam mainan setelah itu tersembunyi di balik tirai. Piaget mengatakan bahwa anak seperti itu tidak memiliki ketetapan objek, kesadaran bahwa objek tersembunyi terus ada.
Pada usia satu, bayi akan sikat selimut samping dan berusaha untuk menemukan mainan yang tersembunyi di sana. Hal ini menunjukkan bayi mengetahui objek tersembunyi terus ada. Bayi itu kini memiliki representasi mental dari objek: struktur mental atau skema. Urutan perkembangan ini adalah dasar dan primitif, dan tidak ada alasan untuk mengharapkan hal itu akan terbatas pada manusia. Memang, Wise, Wise dan Zimmerman (1974) menunjukkan bahwa monyet rhesus bayi berjalan melalui serangkaian tahapan yang sangat mirip.
Tahap Pra-Operasional (18 bulan-5 tahun)
Dari sekitar usia satu setengah sampai usia lima atau enam, seorang anak dalam tahap Piaget kedua perkembangan mental: tahap pra-operasional. Seorang anak dari satu setengah mulai menggunakan simbol-simbol. Seorang anak usia ini mungkin berpura-pura chip kentang adalah kupu-kupu atau membuat gerakan mengunyah imajiner pada makanan bermain plastik.
Anak dalam tahap pra-operasional stimulus-terikat dan egosentris. Untuk menjadi stimulus-terikat harus memperhatikan isyarat-isyarat perseptual daripada abstraksi atau konsep. Misalnya, anak usia ini mungkin nilai nikel senilai 5 sen lebih dari uang receh senilai 10 sen karena nikel lebih besar, bahkan jika orang dewasa berpendapat bahwa sepeser pun yang lebih berharga.
Egosentris berarti egois atau tidak untuk mengambil sudut pandang orang lain. Jika Anda menghadapi anak tiga dan minta anak untuk "mengangkat tangan yang sama saya membesarkan" (kemudian mengangkat tangan kanan) anak akan mengangkat tangan kiri. Mengapa? Ternyata anak gagal untuk membalikkan posisi atau mengambil tempat Anda mental. Perubahan ini satu atau dua tahun kemudian, ketika anak-anak mulai menyadari orang lain dapat memiliki perspektif yang berbeda.
Anak-anak usia prasekolah menunjukkan perspektif egosentris dalam perilaku sosial, juga. Mereka tidak memahami sudut pandang yang berbeda orang lain yang melihat atau pengalaman masa lalu yang berbeda. Misalnya, berumur empat tahun akan berbicara semangat tentang game kartun atau video ke kakek atau orang asing di toko kelontong, menyadari kenyataan bahwa orang lain tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Anak-anak kecil akan menyusahkan orang dewasa bahkan setelah diberitahu bahwa orang tua memerlukan waktu untuk berkonsentrasi pada tugas penting seperti belajar. Anak kecil tidak mencoba untuk menjadi egois, ia atau dia hanya gagal untuk menghargai perspektif mental dari orang lain.
Anak-anak usia prasekolah menunjukkan perspektif egosentris dalam perilaku sosial, juga. Mereka tidak memahami sudut pandang yang berbeda orang lain yang melihat atau pengalaman masa lalu yang berbeda. Misalnya, berumur empat tahun akan berbicara semangat tentang game kartun atau video ke kakek atau orang asing di toko kelontong, menyadari kenyataan bahwa orang lain tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Anak-anak kecil akan menyusahkan orang dewasa bahkan setelah diberitahu bahwa orang tua memerlukan waktu untuk berkonsentrasi pada tugas penting seperti belajar. Anak kecil tidak mencoba untuk menjadi egois, ia atau dia hanya gagal untuk menghargai perspektif mental dari orang lain.
Percobaan Konservasi
Selama tahap pra-operasional didefinisikan oleh Piaget, seorang anak melakukan dengan cara yang khas pada tes disebut percobaan konservasi. Piaget terkenal dengan demonstrasi. Untuk menghemat dalam terminologi Piaget adalah untuk menjaga internal atau mewakili. Percobaan konservasi semua membutuhkan seorang anak untuk menunjukkan memiliki beberapa konsep, biasanya sebuah konsep yang berkembang di sekitar usia 5 sampai 7.
Salah satu eksperimen konservasi klasik melibatkan kuantitas cair. Seorang anak pertama ditampilkan dua pendek, gelas lemak. Mereka penuh dengan air berwarna sebagai jam tangan anak. Anak diminta untuk mengatakan kapan dua gelas memiliki jumlah air yang sama di dalamnya. Jika perlu, eksperimen menuangkan sedikit cairan dari satu ke yang lain sampai anak setuju bahwa tingkat air berwarna sama di kedua gelas.
Berikutnya dewasa mengambil gelas, tinggi kurus dan menuangkan air berwarna dari salah satu, gelas pendek lemak ke salah satu, gelas tinggi kurus. Si anak diminta untuk membandingkan gelas tipis tinggi ke yang gemuk pendek. Peneliti bertanya, "Yang berisi lebih, atau mereka mengandung jumlah yang sama?" Kebanyakan anak di bawah usia 6 akan mengarah ke gelas tinggi dan berkata, "memiliki satu ini lebih di dalamnya." Anak itu terpengaruh oleh isyarat perseptual tinggi.
Seperti seorang anak tidak memiliki konsepsi kuantitas cairan. Tidak memiliki konsep ini, anak tidak memiliki cara untuk menyadari sesuatu yang tetap sama ketika cair dituang dari satu kapal yang lain. Apa tetap sama? Dewasa menyebutnya kuantitas cair. Kita tahu apa kuantitas cair, kami menerima begitu saja. Tetapi anak yang belum memiliki konsep atau skema.
Beberapa siswa merasa sulit untuk percaya bahwa seorang anak bisa begitu mudah tertipu oleh penampilan pada usia 4 atau 5. Mereka pulang ke rumah dan melakukan percobaan dengan adik atau kakak, hanya untuk memverifikasi menemukan dasar Piaget. Anak-anak kecil biasanya terpengaruh oleh penampilan luar.
Berikutnya dewasa mengambil gelas, tinggi kurus dan menuangkan air berwarna dari salah satu, gelas pendek lemak ke salah satu, gelas tinggi kurus. Si anak diminta untuk membandingkan gelas tipis tinggi ke yang gemuk pendek. Peneliti bertanya, "Yang berisi lebih, atau mereka mengandung jumlah yang sama?" Kebanyakan anak di bawah usia 6 akan mengarah ke gelas tinggi dan berkata, "memiliki satu ini lebih di dalamnya." Anak itu terpengaruh oleh isyarat perseptual tinggi.
Seperti seorang anak tidak memiliki konsepsi kuantitas cairan. Tidak memiliki konsep ini, anak tidak memiliki cara untuk menyadari sesuatu yang tetap sama ketika cair dituang dari satu kapal yang lain. Apa tetap sama? Dewasa menyebutnya kuantitas cair. Kita tahu apa kuantitas cair, kami menerima begitu saja. Tetapi anak yang belum memiliki konsep atau skema.
Beberapa siswa merasa sulit untuk percaya bahwa seorang anak bisa begitu mudah tertipu oleh penampilan pada usia 4 atau 5. Mereka pulang ke rumah dan melakukan percobaan dengan adik atau kakak, hanya untuk memverifikasi menemukan dasar Piaget. Anak-anak kecil biasanya terpengaruh oleh penampilan luar.
Piaget menggambarkan eksperimen konservasi banyak. Misalnya, dalam konservasi tentang percobaan massa, sedikit tanah liat (yang disebut Piaget plasticene) yang digulung menjadi bola. Sebuah bola kedua dari tanah liat dengan ukuran yang sama ditampilkan ke anak, yang setuju bahwa mereka adalah sama. Kemudian salah satu bola yang terguling antara telapak tangan orang dewasa, membentuk bentuk sosis. "Sekarang tidak satu memiliki lebih liat di dalamnya dari yang lain, atau apakah mereka masih memiliki jumlah yang sama dari tanah liat di dalamnya?" Anak kecil biasanya poin dengan bentuk sosis, yang lebih panjang, dan mengklaim bahwa mereka telah "lebih liat di dalamnya."
Konservasi kawasan diuji dengan menanyakan anak apakah tanah yang lebih tertutup oleh blok yang tersebar atau blok yang berdekatan. Non-conserving anak-anak cenderung menganggap blok mencakup daerah yang lebih saat menyebar keluar, meskipun ini membuka area di antara mereka.
Menempatkan seperti koin sen di atas meja tes konservasi nomor. Tujuh atau delapan koin ditempatkan berturut-turut, dan serangkaian pencocokan koin ditempatkan langsung di bawah yang pertama. Jadi ada dua baris yang sama koin di atas meja. Sekarang eksperimen menyebar keluar salah satu baris sehingga koin-koin tersebut jauh terpisah. Anak itu bertanya apakah dua baris koin masih memiliki jumlah yang sama koin di dalamnya. Seorang anak kecil yang belum tahu bagaimana cara menghitung biasanya akan mengklaim bahwa baris menyebar keluar memiliki koin lebih di dalamnya.
Semua eksperimen konservasi variasi pada tema. Kata konservasi berarti melestarikan sesuatu dalam menghadapi perubahan. Untuk datang dengan jawaban yang benar dalam percobaan konservasi, anak harus menjaga sesuatu di kepala nya. Bahwa "sesuatu" adalah kesadaran kuantitas, massa, nomor, wilayah, atau beberapa karakteristik lain dari realitas abstrak. Itu adalah titik Piaget. Dia menggambarkan dirinya sebagai mempelajari konstruksi realitas pada anak, yang merupakan subjudul dari salah satu bukunya.
Konservasi kawasan diuji dengan menanyakan anak apakah tanah yang lebih tertutup oleh blok yang tersebar atau blok yang berdekatan. Non-conserving anak-anak cenderung menganggap blok mencakup daerah yang lebih saat menyebar keluar, meskipun ini membuka area di antara mereka.
Menempatkan seperti koin sen di atas meja tes konservasi nomor. Tujuh atau delapan koin ditempatkan berturut-turut, dan serangkaian pencocokan koin ditempatkan langsung di bawah yang pertama. Jadi ada dua baris yang sama koin di atas meja. Sekarang eksperimen menyebar keluar salah satu baris sehingga koin-koin tersebut jauh terpisah. Anak itu bertanya apakah dua baris koin masih memiliki jumlah yang sama koin di dalamnya. Seorang anak kecil yang belum tahu bagaimana cara menghitung biasanya akan mengklaim bahwa baris menyebar keluar memiliki koin lebih di dalamnya.
Semua eksperimen konservasi variasi pada tema. Kata konservasi berarti melestarikan sesuatu dalam menghadapi perubahan. Untuk datang dengan jawaban yang benar dalam percobaan konservasi, anak harus menjaga sesuatu di kepala nya. Bahwa "sesuatu" adalah kesadaran kuantitas, massa, nomor, wilayah, atau beberapa karakteristik lain dari realitas abstrak. Itu adalah titik Piaget. Dia menggambarkan dirinya sebagai mempelajari konstruksi realitas pada anak, yang merupakan subjudul dari salah satu bukunya.
Periode Operasional Beton (5-12)
Tiba-tiba, sekitar usia 5 sampai 7, rata-rata anak menangkap ke percobaan konservasi. Ini menandai transisi ke tahap baru pembangunan: periode operasional konkret. Sekarang anak dapat memahami operasi yang sederhana dilakukan pada realitas yang konkrit: operasi seperti menuang gelas air dari satu kapal yang lain.
Mengapa anak tiba-tiba lulus tes yang sama ia gagal tahun sebelumnya? Piaget merasa anak itu melompat ke tahap baru pembangunan. Anak sekarang memiliki representasi mental atau skema untuk kuantitas cair, massa, jumlah, dan konsep seperti lainnya. Beberapa masalah konservasi lebih mudah daripada yang lain, tetapi dalam satu atau dua tahun mereka semua dikuasai. Bahkan, anak sekarang menemukan masalah ini begitu mudah sehingga ia akan bertanya-tanya mengapa orang dewasa adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan konyol seperti itu. "Tentu saja dua gelas memiliki jumlah yang sama cairan di dalamnya ..."
Piaget dan rekan kerja tidak memanggil seorang anak conserver sampai anak itu bisa menjelaskan percobaan konservasi. Ini dijaga terhadap anak-anak belajar untuk mengatakan, "Ya, mereka sama" dalam percobaan konservasi, tanpa benar-benar memahami apa yang sedang terjadi. Piaget mengidentifikasi tiga jenis penjelasan bahwa ia dianggap sebagai bukti yang baik dari pemahaman yang benar oleh anak:
1. Kedapatbalikan ("Anda dapat memasangnya kembali seperti itu.")
2. Kompensasi ("Ini lebih tinggi tapi juga kurus.")
3. Identity ("Kau tidak mengubahnya;. itu masih sama")
2. Kompensasi ("Ini lebih tinggi tapi juga kurus.")
3. Identity ("Kau tidak mengubahnya;. itu masih sama")
Tahap Operasional Formal (12-dewasa)
Sekitar usia 12, Piaget mengatakan, anak-anak masuk ke tahap, baru lebih tinggi kognisi. Pikiran remaja yang sudah mampu memanipulasi representasi mental yang kompleks. Orang dewasa muda menjadi mampu berpikir dalam abstraksi-menggunakan ide-ide, bukan hanya beton benda-cara yang sebelumnya menghindari pegang mereka. Mereka dapat alasan tentang situasi hipotetis dengan presisi dan realisme.
Teks asli dalam bahasa inggris klik di sini
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar